• Jum. Jun 14th, 2024

Upacara Adat Ngaben Pembakaran Mayit

ByWangseo2hand

Jan 25, 2024

net77hoki.com – Upacara adat Ngaben, juga di kenal sebagai upacara kremasi, adalah salah satu upacara keagamaan Hindu yang di lakukan di Bali, Indonesia. Berikut adalah beberapa informasi mengenai upacara adat Ngaben:

  1. Makna dan Tujuan:

    • Ngaben adalah upacara untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum dan memfasilitasi perpindahan rohnya ke alam setelah mati. Dalam kepercayaan Hindu, Ngaben di yakini sebagai bagian dari siklus reinkarnasi.
  2. Proses Persiapan:

    • Sebelum Ngaben di laksanakan, keluarga almarhum bersama dengan para pendeta dan tokoh adat Hindu melakukan persiapan yang teliti. Ini termasuk persiapan penjor (tiang hiasan), penyucian jasad almarhum, dan persiapan sarana upacara.
  3. Penyucian Jasad:

    • Jasad almarhum di bersihkan dan di sucikan oleh keluarga serta pendeta Hindu. Proses ini melibatkan ritual-ritual keagamaan untuk memastikan bahwa roh almarhum dapat berpindah dengan damai.
  4. Pembakaran Mayat:

    • Bagian sentral dari upacara Ngaben adalah pembakaran mayat almarhum. Mayat di bawa dalam prosesi ke tempat pembakaran, yang sering kali berupa sebuah punden berundak (struktur batu). Proses ini di anggap sebagai pembebasan roh dari kerangka fisiknya.
  5. Ritual Api Suci:

    • Api suci, yang di anggap sakral, di gunakan untuk membakar mayat. Pembakaran di lakukan dengan menggunakan kayu dan api yang berasal dari api suci ini. Proses ini di pandang sebagai simbol pembebasan roh dari duniawi.
  6. Upacara Pamungkah:

    • Setelah pembakaran mayat, di lakukan upacara pamungkah untuk membersihkan dan memurnikan keluarga serta tempat tinggal almarhum. Ini melibatkan doa-doa dan tindakan keagamaan untuk memastikan kesucian dan kedamaian setelah upacara Ngaben.
  7. Pelepasan Roh:

    • Upacara ini juga mencakup prosesi pelepasan roh almarhum. Keluarga melepas seekor burung, yang di anggap sebagai perwakilan roh almarhum, sebagai tanda bahwa roh telah bebas dan menuju ke alam setelah mati.
  8. Pemakaman Sisa-sisa Tubuh:

    • Setelah pembakaran, sisa-sisa tulang yang tidak terbakar di ambil dan di tempatkan dalam potongan bambu atau kantong kain yang kemudian di tanam di lahan suci atau laut.

Ngaben adalah upacara yang sarat makna keagamaan dan spiritual bagi masyarakat Hindu di Bali. Meskipun prosesnya melibatkan pembakaran mayat, Ngaben di pandang sebagai perayaan pembebasan roh dan perpindahan menuju kehidupan setelah mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *